Nyeri perut saat hamil

Nyeri perut selama kehamilan tidak biasa, tetapi bisa menakutkan. Rasa sakit mungkin tajam dan menusuk, atau kusam dan pegal.

Sulit untuk menentukan apakah rasa sakit Anda serius atau ringan. Penting untuk mengetahui apa yang normal dan kapan menghubungi dokter Anda.
Nyeri gas kehamilan

Gas dapat menyebabkan sakit perut yang luar biasa. Mungkin tinggal di satu area atau perjalanan di seluruh perut, punggung, dan dada.

Menurut Mayo Clinic, wanita mengalami lebih banyak gas selama kehamilan karena peningkatan progesteron. Progesteron menyebabkan otot usus untuk bersantai dan memperpanjang waktu yang dibutuhkan makanan untuk melewati usus. Makanan tetap berada di kolon lebih lama, yang memungkinkan lebih banyak gas untuk berkembang.

Saat kehamilan Anda berlanjut, rahim yang membesar Anda memberi tekanan ekstra pada organ-organ Anda, yang dapat memperlambat pencernaan lebih lanjut dan memungkinkan gas menumpuk.
Pengobatan

Jika sakit perut disebabkan oleh gas, itu harus merespon perubahan gaya hidup. Cobalah makan beberapa makanan kecil sepanjang hari dan minum banyak air.

Olahraga juga dapat membantu pencernaan. Identifikasi makanan yang memicu gas dan hindarilah mereka. Makanan yang digoreng dan berminyak, serta kacang dan kubis, adalah penyebab umum. Hindari semua minuman berkarbonasi juga.

Banyak wanita menulis sakit perut selama kehamilan sebagai gas, tetapi ada alasan lain yang jinak untuk nyeri terjadi.
Nyeri ligamen bundar

Ada dua ligamen bundar besar yang mengalir dari rahim melalui selangkangan. Ligamen-ligamen ini mendukung uterus. Saat uterus membentang untuk mengakomodasi bayi yang sedang tumbuh, begitu juga ligamen.

Ini dapat menyebabkan nyeri tajam atau tumpul di perut, pinggul, atau selangkangan. Pergeseran posisi Anda, bersin, atau batuk dapat memicu nyeri ligamen bulat. Ini biasanya terjadi pada paruh terakhir kehamilan.
Pengobatan

Untuk mengurangi atau menghilangkan nyeri ligamen bulat, berlatihlah perlahan-lahan jika Anda duduk atau berbaring. Jika Anda merasakan bersin atau batuk, tekuk dan lenturkan pinggul Anda. Ini dapat membantu mengurangi tekanan pada ligamen.

Peregangan harian juga merupakan metode yang efektif untuk mengurangi nyeri ligamen.
Sembelit

Konstipasi adalah keluhan umum di kalangan wanita hamil. Berfluktuasi hormon, diet yang kekurangan cairan atau serat, kurang olahraga, pil besi, atau kecemasan umum semua dapat menyebabkan sembelit. Sembelit dapat menyebabkan rasa sakit yang parah. Itu sering digambarkan sebagai kram atau nyeri tajam dan menusuk.
Pengobatan

Coba tingkatkan jumlah serat dalam makanan Anda. Meningkatkan cairan juga dapat membantu. Wanita hamil harus minum setidaknya 8 hingga 10 gelas air setiap hari. Bicaralah dengan dokter Anda sebelum mengambil pelunak kotoran. Beberapa pelunak feses tidak disarankan selama kehamilan.
Kontraksi Braxton-Hicks

Kontraksi "praktik" atau "salah" ini terjadi ketika otot uterus berkontraksi hingga dua menit. Kontraksi tidak bekerja dan tidak teratur dan tidak dapat diprediksi. Mereka dapat menyebabkan rasa sakit dan tekanan tidak nyaman, tetapi itu adalah bagian normal dari kehamilan.

Kontraksi Braxton-Hicks sering terjadi pada trimester ketiga kehamilan. Tidak seperti kontraksi persalinan, kontraksi ini tidak semakin bertambah menyakitkan atau lebih sering dari waktu ke waktu.
Sindrom HELLP

Sindrom HELLP adalah akronim untuk tiga bagian utamanya: hemolisis, peningkatan enzim hati, dan trombosit yang rendah. Ini adalah komplikasi kehamilan yang mengancam jiwa.

Tidak jelas apa yang menyebabkan HELLP, tetapi beberapa wanita mengembangkan kondisi setelah menerima diagnosis preeklampsia. Menurut Preeclampsia Foundation, dari 5 hingga 8 persen wanita di Amerika Serikat yang mengembangkan preeklampsia, diperkirakan 15 persen akan mengembangkan HELLP.

Wanita tanpa preeklamsia juga dapat terkena sindrom ini. HELLP lebih sering terjadi pada kehamilan pertama kali.

Nyeri perut kanan atas kuadran kanan adalah gejala HELLP. Gejala lain termasuk:

    sakit kepala
    kelelahan dan malaise
    mual dan muntah
    pandanganyangkabur
    tekanan darah tinggi
    edema (pembengkakan)
    berdarah

Jika Anda mengalami sakit perut yang disertai dengan salah satu gejala HELLP tambahan ini, segera dapatkan saran medis. Komplikasi berbahaya atau bahkan kematian dapat terjadi jika HELLP tidak segera diobati.
Alasan lain yang memprihatinkan

Nyeri perut selama kehamilan juga bisa menjadi tanda lain, kondisi yang lebih serius. Ini termasuk:

    keguguran
    kehamilan ektopik
    abrupsi plasenta
    preeklamsia

Kondisi ini membutuhkan perhatian medis segera.

Kondisi yang tidak terkait langsung dengan kehamilan juga dapat menyebabkan sakit perut. Ini termasuk:

    batu ginjal
    infeksi saluran kemih (ISK)
    batu empedu
    pankreatitis
    radang usus buntu
    sumbatan usus
    alergi makanan atau kepekaan
    penyakit ulkus peptikum
    virus perut

Hubungi dokter Anda segera jika rasa sakit Anda disertai oleh hal-hal berikut:

     demam atau kedinginan
     pendarahan vagina atau bercak
     keputihan
     kontraksi berulang
     mual atau muntah
     kepala ringan
     nyeri atau terbakar selama atau setelah buang air kecil

Ketika mempertimbangkan apakah sakit perut adalah gas atau sesuatu yang lebih serius, ingatlah semua informasi ini. Meskipun kadang-kadang parah, nyeri gas biasanya hilang dengan sendirinya dalam waktu singkat. Itu sering lega ketika Anda bersendawa atau melewatkan gas.

Anda mungkin dapat menghubungkan episode ke sesuatu yang Anda makan atau periode stres. Gas tidak disertai demam, muntah, pendarahan, atau gejala serius lainnya. Perasaan sakit tidak bertambah lama, lebih kuat, dan lebih dekat seiring waktu. Itu kemungkinan kerja awal.

Kapanpun ragu, hubungi dokter Anda atau masuk dan cari perawatan di pusat persalinan Anda. Selalu lebih baik berbuat salah di sisi hati-hati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar