Cocoa Butter

Cocoa butter mungkin mengingatkan kita pada pencuci mulut dekaden seperti cokelat batangan, kue lapis fudge, dan es krim chocolate chip. Namun bahan yang enak ini juga merupakan pokok dalam krim kulit dan produk kesehatan dan kecantikan lainnya. Tidak seperti mentega cocoa di makanan penutup Anda, yang ada dalam rejimen perawatan kulit Anda tidak akan membuat Anda bertambah gemuk. Tapi bisakah itu meningkatkan penampilan Anda?

Cocoa butter adalah sejenis lemak yang berasal dari biji kakao. Untuk memanfaatkan mentega kakao, biji kakao diambil dari tanaman kakao yang lebih besar. Kemudian mereka dipanggang, ditelanjangi, dan ditekan untuk memisahkan lemak - mentega coklat. Sisa-sisa tersebut kemudian diolah menjadi bubuk kakao.

Kakao telah digunakan dalam pengobatan selama sekitar 3.000 tahun. Itu adalah bahan favorit dari suku Aztec dan Maya kuno, yang bahkan menggunakan kakao untuk mata uang. Baru-baru ini, para peneliti telah menemukan bahwa senyawa yang disebut phytochemical dalam coklat dapat membantu menjaga tubuh dan kulit Anda tetap sehat.

Dapatkah cocoa butter benar-benar meningkatkan penampilan kulit Anda? Mari kita lihat sains di balik klaim tentang perawatan kecantikan yang manis ini.
Apa manfaat mentega kakao?

Cocoa butter mengandung asam lemak tinggi, itulah sebabnya mengapa sering digembar-gemborkan karena kemampuannya untuk menghidrasi dan menyehatkan kulit dan meningkatkan elastisitas. Lemak dalam cocoa butter membentuk penghalang pelindung di atas kulit untuk menahan kelembapan.

Cocoa butter juga kaya akan senyawa tumbuhan alami yang disebut phytochemical. Zat ini dapat meningkatkan aliran darah ke kulit dan memperlambat penuaan kulit dengan melindungi terhadap kerusakan dari sinar UV yang berbahaya.

Salah satu penggunaan mentega cocoa yang umum adalah menghaluskan bekas luka, kerutan, dan tanda lainnya pada kulit. Banyak wanita percaya krim dan losion mentega coklat dapat digunakan selama dan setelah kehamilan untuk mencegah dan meminimalkan munculnya stretch mark. Cocoa butter juga telah dipromosikan untuk menyembuhkan ruam dari kondisi seperti eksim dan dermatitis.
Apa kata penelitian itu

Cocoa butter mungkin berbau harum dan terasa mewah ketika Anda menggosoknya di tubuh Anda, tetapi tidak ada banyak bukti bahwa itu akan meningkatkan penampilan kulit Anda. Ketika datang untuk mengobati bekas luka dan stretch mark, sejauh ini penelitian tidak terlalu menarik. Penelitian terbaru tentang penggunaan mentega cocoa untuk stretch mark menunjukkan bahwa itu tidak bekerja lebih baik daripada krim yang tidak aktif atau plasebo.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa cocoa butter memiliki potensi untuk mencegah dan mengobati penyakit kulit. Ini juga dapat melindungi kulit dari kerusakan yang dapat menyebabkan penuaan dini. Efek ini masih perlu dikonfirmasi oleh penelitian selanjutnya.
Bagaimana cara mentega cocoa melawan pelembab lain?

Karena kandungan lemaknya yang tinggi, cocoa butter memiliki rasa yang lebih kaya dan padat daripada banyak pelembab lainnya. Seringkali dibandingkan dengan shea butter, yang berasal dari biji pohon shea yang ditemukan di Afrika Barat dan Tengah.

Shea butter juga tinggi asam lemak, meskipun tidak semanis mentega cocoa. Tidak seperti cocoa butter, shea butter mengandung vitamin yang diduga membantu memperbaiki kerusakan kulit dan mempercepat penyembuhan.

Lihat: Apa yang bisa dilakukan Lavender untuk Anda »
Cara menggunakan cocoa butter

Anda akan sering melihat mentega cocoa sebagai bahan dalam lotion dan krim tubuh. Karena itu dapat dimakan, itu juga aditif di beberapa lip balm. Banyak produk mentega coklat telah menambahkan tabir surya atau vitamin. Anda dapat menggosok salah satu produk mentega coklat ini pada kulit atau bibir Anda setiap hari sebagai bagian dari rejimen perawatan kulit Anda.

Banyak lotion mentega coklat dan produk lainnya hanya mengandung sedikit cocoa butter, bersama dengan bahan dan aditif lainnya. Jika Anda mencari kemurnian, belilah dalam bentuk tongkat, yang mengandung 100 persen mentega coklat. Atau, jika Anda mengkhawatirkan aditif, dapatkan sepotong mentega kakao utuh dan tidak dimurnikan, lalu mencairkannya ke dalam air panas untuk membuat produk Anda sendiri.

Beberapa do-it-yourselfers telah melampaui krim dan lotion dasar. Mereka telah membuat lini produk perawatan kulit mentega cocoa sendiri. Beberapa orang menggabungkan cocoa butter dengan berbagai minyak — seperti minyak kelapa atau vitamin E — dan menggunakan campuran tersebut sebagai sampo pelembab. Yang lain menggunakannya untuk membuat lotion cukur sendiri.
Risiko dan peringatan

Cocoa butter dianggap aman untuk digunakan pada kulit Anda. Pembuat krim mentega kakao mengatakan itu aman digunakan selama kehamilan. Bagi orang yang sensitif terhadap mentega coklat atau bahan lain yang ditemukan dalam produk mentega coklat, dapat menyebabkan ruam atau reaksi alergi lainnya.

Beberapa orang mempertanyakan efek dari bahan-bahan yang ditambahkan pada produk mentega coklat. Sebuah studi 2015 menemukan bahwa satu produk mentega coklat memiliki efek anti-estrogenik. Ini berarti mengurangi atau memblokir efek hormon wanita, estrogen, pada tubuh. Terkena produk dengan efek anti-estrogenik mungkin berpengaruh pada perkembangan remaja saat pubertas. Namun bukti ini masih baru, dan cocoa butter belum terbukti mempengaruhi perkembangan anak-anak.

Banyak orang menggunakan cocoa butter karena mereka menyukai bagaimana rasanya pada kulit mereka, atau mereka percaya itu meningkatkan penampilan kulit mereka. Tidak ada salahnya mencoba salah satu produk ini — kecuali Anda sensitif terhadap mentega coklat.

Anda dapat menemukan formula mentega coklat di supermarket, toko obat, online, dan di toko makanan alami. Jika Anda khawatir tentang aditif, beli 100 persen mentega kakao dan buat produk perawatan kulit Anda sendiri.

Ingat, produk-produk ini belum terbukti memperbaiki warna kulit, mengurangi kerutan, atau mengurangi stretch mark. Sebagian besar bukti yang mendukung klaim ini bersifat anekdotal.

Jika Anda mencari perawatan untuk kebutuhan perawatan kulit tertentu, konsultasikan dengan dokter atau dokter kulit Anda. Mereka dapat membantu mengembangkan rejimen perawatan kulit yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar