Apakah Aman Menggunakan Pepto-Bismol Selama Kehamilan atau Menyusui?

Diare, mual, nyeri ulu hati tidak menyenangkan. Pepto-Bismol dapat digunakan untuk membantu meringankan masalah pencernaan ini dan lainnya, termasuk sakit perut, gas, dan merasa terlalu kenyang setelah makan.

Jika Anda hamil, kemungkinan besar Anda terlalu akrab dengan jenis gangguan pencernaan ini. Anda mungkin bertanya-tanya apakah Anda dapat menggunakan Pepto-Bismol untuk membantu meredakan ketidaknyamanan Anda dengan aman. Inilah yang harus dikatakan oleh penelitian tentang penggunaan "benda merah muda" selama kehamilan dan menyusui.
Apakah Pepto-Bismol aman dikonsumsi selama kehamilan?

Ini adalah pertanyaan yang rumit tanpa jawaban yang sebening kristal. Meskipun Pepto-Bismol adalah obat yang dijual bebas, masih penting untuk mempertanyakan keamanannya. Akademi Dokter Keluarga Amerika menyarankan agar Anda menghindari mengonsumsi Pepto-Bismol selama trimester kedua dan ketiga kehamilan Anda. Ini karena ini meningkatkan risiko masalah pendarahan ketika Anda membawanya lebih dekat ke pengiriman. Namun, kemungkinan aman untuk meminum obat selama trimester pertama kehamilan. Meskipun begitu, bahkan selama trimester pertama, mungkin sebaiknya menggunakan Pepto-Bismol sesedikit mungkin.

Berikut adalah beberapa hal lain yang perlu diingat tentang penggunaan Pepto-Bismol selama kehamilan:
Penggunaan jangka panjang

Bahan aktif dalam Pepto-Bismol adalah sejenis obat yang disebut salisilat. Risiko masalah dari salisilat dianggap kecil. Namun, ada laporan bahwa penggunaan jangka panjang obat-obatan ini oleh ibu dapat menyebabkan efek berbahaya yang serius pada kehamilan.
Kategori kehamilan

Administrasi Makanan dan Obat (FDA) belum menetapkan kategori kehamilan untuk Pepto-Bismol. Ini berarti bahwa tidak diketahui pasti apakah Pepto-Bismol aman untuk digunakan pada wanita hamil.
Cacat lahir

Proyek Perinatal Kolaboratif meneliti efek paparan obat pada kehamilan. Tidak menemukan bukti bahwa Pepto-Bismol terkait dengan cacat lahir.

Bingung belum? Hal terbaik untuk Anda lakukan adalah mengambil semua informasi ini dan berbicara dengan dokter Anda tentang hal itu. Dokter Anda dapat memberi tahu Anda lebih banyak tentang risiko dan manfaat menggunakan Pepto-Bismol selama kehamilan. Mereka juga dapat membantu menentukan apakah mengonsumsi Pepto-Bismol adalah pilihan yang baik untuk Anda dan khususnya kehamilan Anda.

Jika Anda dan dokter Anda memutuskan bahwa Pepto-Bismol aman untuk paruh pertama kehamilan Anda, ikuti instruksi dosis paket. Pastikan untuk mengambil tak lebih dari dosis yang dianjurkan, dan cobalah untuk mengambil jumlah terkecil yang Anda bisa.
Apakah Pepto-Bismol aman dikonsumsi saat menyusui?

Mirip dengan kehamilan, keamanan Pepto-Bismol selama menyusui agak tidak jelas. Tidak diketahui apakah Pepto-Bismol lolos ke ASI. Namun, diketahui bahwa jenis salisilat lainnya masuk ke dalam ASI dan mungkin memiliki efek berbahaya pada anak yang menyusui. American Academy of Pediatrics menyarankan untuk berhati-hati menggunakan salisilat seperti Pepto-Bismol saat menyusui. Dan National Institutes of Health menyarankan menemukan alternatif untuk Pepto-Bismol sama sekali.

Sebaiknya bicarakan dengan dokter Anda tentang apakah Pepto-Bismol aman untuk Anda saat menyusui atau tidak.

 Alternatif untuk Pepto-Bismol

Untuk berada di sisi yang aman, Anda selalu dapat berbicara dengan dokter Anda tentang pilihan lain untuk mengobati masalah pencernaan Anda saat hamil atau menyusui. Dokter Anda mungkin menyarankan obat lain atau solusi alami. Opsi-opsi ini mungkin termasuk yang berikut ini.
Untuk diare

    Loperamide (Imodium)

Pelajari lebih lanjut: Remedies untuk diare selama kehamilan »
Untuk refluks asam atau nyeri ulu hati

    cimetidine (Tagamet)
    famtidine (Pepcid)
    nizatidine (Axid)
    omeprazole (Prilosec)
    ranitidine (Zantac)

Baca lebih lanjut: Bagaimana menghentikan mulas, refluks asam, dan GERD selama kehamilan »
Untuk mual

Dokter Anda mungkin menyarankan pengobatan alami untuk mual atau sakit perut. Pilihan ini mungkin termasuk jahe, teh peppermint, atau pyridoxine, juga dikenal sebagai vitamin B-6. Anda juga dapat mencoba band anti-mual yang Anda kenakan di pergelangan tangan Anda. Dokter Anda dapat memberi tahu Anda lebih banyak.

Pelajari lebih lanjut: 14 resep untuk meringankan morning sickness »
Bicaralah dengan dokter Anda

Berbicara dengan dokter Anda selalu pilihan terbaik Anda jika Anda memiliki kekhawatiran tentang mengambil obat apa pun saat hamil atau menyusui, termasuk Pepto-Bismol. Pastikan untuk mengajukan pertanyaan apa pun yang Anda miliki, seperti:

    Apakah aman untuk menggunakan obat yang dijual bebas saat saya sedang hamil atau menyusui?
    Berapa lama dan seberapa sering saya bisa minum obat?
    Apa yang harus saya lakukan jika gejala pencernaan saya bertahan lebih lama dari beberapa hari?

Dengan bimbingan dokter Anda, Anda mungkin dapat meringankan masalah pencernaan Anda dan kembali menikmati kehamilan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar