7 Tips untuk Membantu Mencegah Stretch Marks

Stretch mark, juga disebut striae distensae atau striae gravidarum, terlihat seperti garis-garis berikatan di kulit Anda. Mereka mungkin merah, ungu, atau perak dalam penampilan. Stretch mark paling sering muncul pada:

    perut
    dada
    pinggul
    bawah
    paha

Mereka biasa terjadi pada kehamilan, tetapi siapa pun dapat mengembangkan tanda peregangan dalam setiap fase kehidupan. Sebagian orang lebih rentan terhadap mereka. Jika ibu, ayah, kakek-nenek, atau sanak saudara lainnya memiliki tanda peregangan, kemungkinan besar Anda akan mendapatkannya.

Bahkan jika Anda berisiko mengalami stretch mark, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko dan mengobati stretch mark yang sudah Anda miliki.
1. Kendalikan berat badan Anda

Salah satu hal paling bermanfaat yang dapat Anda lakukan untuk mencegah stretch mark, apakah Anda hamil atau tidak, adalah menjaga berat badan yang sehat. Stretch mark bisa terjadi ketika kulit Anda tertarik dengan cepat karena kenaikan berat badan yang cepat. Anda mungkin juga memperhatikan tanda peregangan setelah penurunan berat badan yang cepat. Beberapa orang mengembangkan stretch mark selama masa pertumbuhan, seperti saat pubertas. Orang lain, seperti binaragawan, memperhatikan mereka setelah mendapat keuntungan besar dari berolahraga atau menggunakan steroid.

Bekerja untuk mengendalikan perubahan tubuh agar tidak terjadi terlalu cepat mungkin merupakan pilihan terbaik Anda. Makan diet sehat dan olahraga untuk membantu Anda mengelola berat badan Anda. Jika Anda melihat kenaikan berat badan yang cepat atau penurunan berat badan, mungkin ada baiknya untuk mengunjungi dokter Anda untuk mencari tahu mengapa.
2. Tetap terhidrasi

Minum air yang cukup dapat membantu menjaga kulit Anda terhidrasi dan lembut. Kulit yang lembut tidak cenderung mengembangkan stretch mark sebanyak kulit kering. Rekomendasi terkini dari Institute of Medicine untuk asupan air harian adalah 104 ons untuk pria dan 72 ons untuk wanita.

Minum minuman berkafein, seperti kopi, sebenarnya dapat meningkatkan risiko Anda mengembangkan stretch mark. Jika Anda minum kopi, pastikan Anda menyeimbangkan asupan cairan Anda dengan banyak air, teh herbal, dan cairan bebas kafein lainnya.
3. Makan makanan yang kaya nutrisi

Stretch mark juga bisa terjadi jika Anda kekurangan nutrisi di area tertentu. Makan makanan yang meningkatkan kesehatan kulit dapat membantu. Pastikan diet Anda termasuk makanan yang kaya:

    vitamin C
    vitamin D
    vitamin E
    seng
    protein

Salah satu cara untuk memastikan Anda mendapatkan berbagai nutrisi adalah dengan memilih makanan yang tidak diolah dalam berbagai warna. Misalnya, sarapan telur, roti gandum utuh, dan buah campur menambah banyak warna ke piring Anda saat mengemas berbagai nutrisi.
4. Sertakan vitamin C dalam diet Anda

Kolagen berperan menjaga kulit Anda tetap kuat dan elastis. Ini membantu mengurangi munculnya kerutan, tetapi mungkin juga penting untuk mencegah stretch mark.

Vitamin C merupakan nutrisi penting untuk perkembangan kolagen. Vitamin C dapat ditemukan dalam banyak buah dan sayuran. Buah jeruk, seperti jeruk dan lemon, merupakan sumber vitamin C yang sangat baik.
5. Dapatkan beberapa vitamin D

Satu studi menemukan korelasi antara tingkat rendah vitamin D dan kejadian stretch mark. Lebih banyak penelitian diperlukan, tetapi hasilnya menunjukkan bahwa mempertahankan kadar vitamin D yang sehat dapat mengurangi risiko stretch mark.

Cara termudah untuk mendapatkan vitamin D adalah melalui paparan sinar matahari. Vitamin ini juga biasa ditambahkan ke roti, sereal, dan produk susu seperti susu atau yogurt.
6. Makan makanan yang kaya seng

Seng adalah nutrisi penting untuk kesehatan kulit. Ini membantu mengurangi peradangan dan memainkan peran dalam proses penyembuhan luka. Hanya ada sedikit bukti untuk mengetahui hubungan antara seng dan stretch mark, tetapi termasuk makanan kaya seng dalam diet Anda, seperti kacang dan ikan, dapat membantu menjaga kulit Anda tetap sehat.
7. Perlakukan stretch mark segar ketika muncul

Jika Anda tidak dapat benar-benar mencegah stretch mark pada kulit Anda, Anda dapat bekerja untuk meminimalkan penampilan mereka sehingga mereka tidak terlihat dalam jangka panjang. Buat janji dengan dokter atau dokter kulit untuk mendiskusikan pilihan Anda jika Anda memiliki stretch mark segar. Dokter Anda dapat membantu menentukan apa yang menyebabkan tanda-tanda Anda, dan mereka mungkin dapat menyarankan opsi perawatan yang bekerja paling baik pada stretch mark baru.
Faktor risiko

Beberapa orang lebih mungkin mengembangkan stretch mark. Faktor risiko meliputi:

    menjadi perempuan
    memiliki riwayat keluarga stretch mark
    kelebihan berat badan
    Sedang hamil
    menambah atau menurunkan berat badan dengan cepat
    menggunakan kortikosteroid
    memiliki pembesaran payudara
    memiliki kelainan genetik tertentu, seperti sindrom Cushing atau sindrom Marfan

Stretch mark dalam kehamilan

Kehamilan adalah salah satu saat paling umum ketika wanita memperhatikan stretch mark. Bahkan, diperkirakan 50 hingga 90 persen wanita hamil akan mengembangkan stretch mark sebelum melahirkan. Jadi, apakah tanda-tanda peregangan kehamilan berbeda dari yang orang lain dapatkan? Mungkin.

Beberapa ahli percaya bahwa hormon selama kehamilan dapat membuat Anda lebih rentan terhadap stretch mark. Hormon-hormon itu dapat membawa lebih banyak air ke kulit, membuatnya rileks dan membuatnya lebih mudah robek ketika diregangkan. Ide ini untuk beberapa perdebatan. Terlepas dari itu, sejumlah besar ibu hamil akan memperhatikan tanda peregangan dimulai pada bulan keenam atau ketujuh kehamilan.

Dalam penelitian terbaru yang diterbitkan oleh BMC Pregnancy and Childbirth, 78 persen responden menggunakan produk untuk mencegah stretch mark. Dari para wanita ini, sepertiga dari mereka mengatakan mereka mencoba dua atau lebih produk, dengan Bio-Oil menjadi yang paling sering digunakan. Namun, 58,5 persen wanita yang menggunakan minyak ini mengembangkan stretch mark.

Konon, cara terbaik bagi ibu hamil untuk mencegah stretch mark adalah dengan menambah berat badan kehamilan secara perlahan dan mantap. Anda dapat bekerja sama dengan penyedia layanan kesehatan Anda untuk menemukan rencana diet dan olahraga yang akan membantu Anda menghindari terlalu banyak sambil memberi Anda nutrisi yang Anda butuhkan untuk menyehatkan diri Anda dan bayi Anda.

Jika Anda mengembangkan stretch mark selama kehamilan, Anda mungkin senang mengetahui bahwa mereka akhirnya akan memudar. Seiring waktu, warna merah atau merah muda akan menjadi warna perak pucat atau putih pucat.
Pengobatan

Mencegah stretch mark mungkin sulit, tetapi ada banyak perawatan yang dapat mengurangi penampilan mereka.
Krim retinoid

Krim retinoid adalah obat topikal yang berasal dari vitamin A. Munculnya kulit Anda mungkin membaik setelah menerapkan retinoid, terutama jika stretch mark Anda relatif segar. Krim membantu membangun kembali kolagen di kulit Anda dan membuat tanda-tanda lebih terlihat seperti kulit Anda yang tersisa.

Bicaralah dengan dokter Anda tentang perawatan ini jika Anda hamil atau menyusui, karena kebanyakan dokter setuju bahwa retinoid topikal tidak boleh digunakan selama kehamilan atau saat menyusui karena rasio risiko-manfaatnya masih dipertanyakan.
Terapi laser

Terapi laser adalah pilihan lain untuk mengurangi stretch mark. Laser dapat membantu menstimulasi kolagen atau elastin di kulit Anda untuk tumbuh. Ada berbagai jenis terapi laser, dan dokter Anda dapat membantu Anda memilih jenis yang tepat untuk Anda.
Asam glikolat

Krim asam glikolat dan peeling kimia adalah perawatan lain untuk stretch mark. Banyak dari perawatan ini mahal dan mungkin tidak ditanggung oleh asuransi Anda. Mereka bekerja untuk membantu mengurangi munculnya stretch mark saat ini, tetapi mereka tidak membuat yang baru terbentuk.
Pandangan

Stretch mark sering memudar menjadi kurang terlihat oleh waktu. Mencegah mereka bisa sulit, dan tidak ada produk ajaib yang terbukti secara ilmiah berfungsi.

Banyak krim, minyak, dan barang-barang perawatan pribadi lainnya mengklaim untuk membantu mencegah stretch mark, tetapi banyak dari klaim ini tidak memiliki dukungan ilmiah. Mereka mungkin tidak membantu, tetapi dalam banyak kasus mereka juga tidak mungkin terluka.

Menjaga berat badan Anda tetap terkendali, tetap terhidrasi, makan makanan yang sehat, dan mencari perawatan segera setelah tanda muncul dapat membantu. Hubungi dokter Anda jika Anda melihat peningkatan stretch mark atau jika mereka menutupi area yang luas dari tubuh Anda. Dokter Anda mungkin dapat membantu Anda mengetahui penyebabnya dan menyarankan opsi perawatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar